Minggu, 18 November 2012

10 Kiat mengatasi rasa cemas

       Setiap orang pasti pernah merasa cemas. Rasa cemas itu berkembang menjadi khawatir, gelisah, takut,was-was,tidak tentram, panik,dan seterusnya. Bahkan, terkadang rasa cemas juga bisa menimbulkan gejala fisik, seperti berkeringat, berdebar-debar, sakit kepala, sakit perut, wajah pucat, dan sebagainya. Nah, bagaimana cara mengatasi rasa cemas? Lest check!



1. Yakinlah dulu bahwa kamu dapat mengalahkan rasa cemasmu.
2. Baca doa nabi Musa. Mohonlah kepada Allah agar melapangkan hatimu dari segala bentuk kecemasan, “Robbisyrohlii shodrii wayassirlii amrii wahlul uqdatammillisaanii yafqoho qouli”(QS. 20: 25-28)
3. Berdzikirlah kepada Allah. Alaa bidzikirllahi tathmainnul-quluub, “ingatlah hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tenteram”.
4. Positive thinking. Ingat, Allah mengikuti prasangka hambanya.
5. Lakukan aktivitas yang positif sehingga dapat membuat suasana menjadi tenang. Misalnya, melakukan sesuatu yang menjadi hobimu, bisa membaca, menonton hiburan, mendengarkan musik, atau aktivitas positif lainnya
6. Rutinlah berolah raga. Tak harus lama yang penting rutin 5-10 menit per hari. Ini akan membuat rileks.
7. Jika kamu termasuk orang yang sering terserang cemas. Cek kembali intensitas baca Quranmu. Kebiasaan menbaca Al Quran setiap hari akan membuat hatimu bersih dan teanng.
8. Hindarilah minum kopi yang berlebihan karena kafein yang terkandung dalam kopi bersifat memacu detak jantung. Kebanyakan mengkonsumsi membuatmu mudah deg-degan.
9. Jangan sering menyendiri. Pergilah jalan-jalan bersama teman-temanmu mencari kesegaran.
10. Jika rasa cemasmu semakin menjadi dan tak kunjung hilang dalam waktu lama, mungkin kamu perlu berkonsultasi dengan psikiater (majalah annida).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar